Minggu, 23 Desember 2012

BE PROUD OF INDONESIA

Sampean pernah liat ada temen facebooknya yang mengaku lahir di New York, bertempat tinggal di Melbourne dan kuliah di Harvard atau sejenisnya, yang intinya mereka ngaku-ngaku penah lahir atau pernah tinggal di Luar Negeri, sangat membanggakan.

Sebenernya itu bagus kalo untuk dijadikan impian, toh gak salah juga kalo kita punya Impian untuk kuliah keluar Negeri, belajar disana dan photo-photo disana kalo perlu. tapi yang jadi masalahnya apakah pantas teman-teman mengubah kota, Negara tempat teman-teman dilahirkan menjadi tempat lain yang entah pernah teman-teman kunjungi atau tidak (antah berantah).

Terlepas itu hak setiap Individu, kebebasan berekpresi dan lain-lain, gue ingin memberikan pendapat bahwa itu adalah kebebasan yang salah arah. Kebebasan itu yang secara sadar memberikan pernyataan bahwa teman-teman tidak bangga dengan kota kelahiran sendiri, tidak bangga dengan bangsanya sendiri dan tidak bangga pada almamater tempat teman-teman menimba ilmu.

Kalau masih belum Jelas,  gue berikan contoh seperti ini : Ada teman gue yang jelas dia kuliah Sastra Inggris di UIN Jakarta, tapi malah menulis diprofilnya dia kuliah sastra di Harvard.  Ada juga tetangga gue, yang gue udah tahu dia itu dari kecil tinggal dan lahir di Serang Banten, karena emang kita tetanggaan dari dulu, tapi tau, dia nulis diprofilnya kalo dia tinggal di Sydney.

Apa ini masalah buat gue? JELAS, ini masalah, masalah yang sangat besar , ini tentang identitas, tentang kepalsuan, tentang kecintaan, tentang nasionalisme. Jujur, ini adalah yang paling sensitif dan paling menyinggung buat gue secara pribadi.

Ketika loe mengganti itu semua, ketika loe memalsukan Identitas dan bahkan mulai  berani menyisihkan Indonesia dan menggantinya dengan kenegaraan lain, mungkin lu bangga, tapi gue sakit hati. Hari ini mungkin loe malu untuk mengakui dari man aloe berasal , hari ini mungkin loe malu untuk mengakui loe berasal dari Institusi mana, kedepan mungkin loe juga bisa malu kalo pernah dilahirin dari rahim ibu loe sendiri.  

Loe gengsi sama Indonesia, loe malu di Indonesia banyak orang miskin, banyak orang susah, banyak pejabat korup, kriminalitas tinggi dan seribu alasan lain yang lu buat sendiri untuk gak bisa bangga sama Indonesia. Is it you are really focus on, apakah lu cuma bisa lihat Indoneisa dari sisi negatifnya aja. Menutup sebelah mata loe, atau karena pengetahuan loe tentang Indonesia yang sangat minim sehingga loe mudah menyimpulkan.

Come on, you have to wake up! Bangun, lu itu minum, mandi dari air di Indonesia, lu makan beras hasil bumi Indonesia, bahkan “sorry!” lu buang kotoran juga di Indonesia. Tapi kenapa Negara lain yang belum tentu mereka mengakui loe, malah loe dengan bangganya mengakui itu sebagai tempat kelahiran loe, sebagai  tempat tinggal loe.

Emang gak salah ketika banyak orang yang pesimis sama Indonesia, wong yang kita lihat di pemberitaan lebih banyak hal yang negatifnya yang diumbar, sementara yang positif paling sepersekian persenlah yang diekspos di media. Acara seperti kick andy kalah dengan bombardir infotainment dan berita-berita kriminal. Media lebih didominasi sama pemberitaan negatif tentang Indonesia, sehingga kita sebagai konsumen cuma bisa “mangap” dan makan hasil olahan mereka. Inputnya negatif ya outputnya-pun pasti negatif.

Sekarang coba lu cari hal-hal yang menjadi kelebihan Indonesia, hal-hal positif tentang Negara ini, hal baik tentang bangsa ini, tentang Sumberdaya manusia dan alamnya, tentang keunikannya. Coba lu cari, betapa lu akan lihat, banyak orang diluar sana yang cemburu sama kita, banyak orang yang diluar sana menyesal kenapa mereka gak terlahir bumi sesubur Indonesia, Negara biru dan hijau karena ribuan pulau dan hamparan laut yang membentang. (kalo udh ketumu, bagikan ke yang lain)

Kenapa loe yang lahir disini, kenapa bukan mereka? Apakah ini kebetulan? Tentu tidak, ini adalah skema luar biasa Tuhan, lu dikasih tanggung jawab yang besar untuk membangun Indonesia, untuk menjaga Indonesia, guys ini amanah. Tuhan aja percaya sama loe, kenapa loe gak percaya. Nah kalo loe belum bisa juga untuk bangga sama Indonesia, coba lu buka www.goodnewsfromindonesia.org ! disini lu bakal temuin apapun berita baik tentang Indonesia, bahkan berita yang membuat harum Indonesia ke dunia Internasional.

Apapun itu, gue tetep punya keyakinan kalo masyarakat Indonesia punya cara masing-masing untuk mencintai tanah airnya, terlepas mereka yang say “yes” dengan tulisan ini atau tidak. Gue Cuma mencoba mengkritisi teman-teman gue, so kalo ada yang tersinggung mohon maaf, karena tujuan gue emang untuk menyinggung.

The last, be proud of your country, your blood “INDONESIA”.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar